Senyawa yang Mengalami Polimerisasi Secara Adisi Adalah?

Meidi Y

Pertanyaan: Senyawa yang Mengalami Polimerisasi Secara Adisi Adalah?

Jawaban:

Senyawa yang mengalami polimerisasi secara adisi adalah senyawa-senyawa yang memiliki ikatan rangkap (biasanya ikatan rangkap karbon-karbon) dalam struktur molekulnya.

Polimerisasi secara adisi terjadi ketika molekul-molekul monomer dengan ikatan rangkap bereaksi secara berulang dan membentuk rantai panjang atau jaringan tiga dimensi yang disebut polimer.

Contoh senyawa yang mengalami polimerisasi secara adisi adalah:

  • Etilena (etena): Merupakan contoh klasik polimerisasi adisi, di mana molekul-molekul etilena bereaksi secara berulang membentuk polietilena, yang merupakan plastik umum yang digunakan dalam berbagai aplikasi.
  • Propilena (propena): Polimerisasi adisi propilena menghasilkan polipropilena, plastik yang memiliki sifat tahan panas dan tahan terhadap bahan kimia.
  • Vinil klorida: Polimerisasi adisi vinil klorida menghasilkan polivinil klorida (PVC), yang digunakan dalam pembuatan pipa, kabel, dan berbagai produk plastik lainnya.
  • Metil metakrilat: Polimerisasi adisi metil metakrilat menghasilkan polimetil metakrilat (PMMA), yang dikenal dengan merek dagang “akrilik” dan digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk bahan pembuatan kaca pengganti.
  • Stirena: Polimerisasi adisi stirena menghasilkan polistirena, yang digunakan dalam pembuatan styrofoam dan berbagai produk plastik lainnya.
  • Asetilena: Polimerisasi adisi asetilena dapat menghasilkan poliasetilena, yang memiliki konduktivitas listrik dan digunakan dalam elektronika molekuler.

Dalam polimerisasi adisi, tidak ada produk samping yang dihasilkan, dan setiap monomer yang bereaksi berkontribusi pada pertumbuhan rantai polimer. Reaksi ini biasanya memerlukan inisiator, energi (panas atau cahaya), atau katalis untuk memulai dan mempercepat reaksi polimerisasi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar