Sebutkan Kriteria Monomer Sehingga Dapat Mengalami Polimerisasi Adisi?

Meidi Y

Pertanyaan: Sebutkan Kriteria Monomer Sehingga Dapat Mengalami Polimerisasi Adisi

Jawaban:

Berikut adalah kriteria monomer yang memungkinkan untuk mengalami polimerisasi adisi:

  1. Memiliki Gugus Fungsionalitas Ganda: Monomer harus memiliki setidaknya satu ikatan rangkap dalam strukturnya, seperti ikatan rangkap karbon-karbon (C=C) atau ikatan rangkap karbon-oksigen (C=O).
  2. Stabil dalam Bentuk Rangkap: Ikatan rangkap dalam monomer harus cukup stabil untuk memungkinkan pembentukan ikatan rangkap baru dengan monomer lainnya.
  3. Reaktivitas Ikatan Rangkap: Ikatan rangkap dalam monomer harus memiliki reaktivitas yang cukup tinggi sehingga dapat bereaksi dengan monomer lainnya dalam polimerisasi adisi.
  4. Tidak Terlalu Reaktif Terhadap Kondisi Polimerisasi: Meskipun memiliki reaktivitas, monomer juga tidak boleh terlalu reaktif sehingga bereaksi terlalu cepat atau tidak terkendali di bawah kondisi polimerisasi.
  5. Kemampuan Menghasilkan Radikal Bebas: Beberapa monomer perlu memiliki kemampuan untuk menghasilkan radikal bebas melalui inisiasi, yang diperlukan dalam reaksi rantai polimerisasi adisi.
  6. Tidak Ada Produk Samping yang Mengganggu: Reaksi antara monomer dengan monomer lainnya seharusnya tidak menghasilkan produk samping yang tidak diinginkan atau mengganggu.
  7. Kompatibilitas dengan Inisiator: Monomer harus kompatibel dengan jenis inisiator yang digunakan dalam reaksi polimerisasi adisi.
  8. Tidak Terlalu Viskos: Monomer yang tidak terlalu kental atau memiliki viskositas rendah lebih mudah untuk dicampur dan direaksikan dengan monomer lainnya.
  9. Kemampuan Menghasilkan Polimer yang Berkualitas: Monomer harus mampu menghasilkan polimer dengan sifat fisik dan kimia yang diinginkan.
  10. Stabilitas Umum: Monomer harus cukup stabil dalam kondisi penyimpanan dan penggunaan normal untuk mencegah reaksi yang tidak diinginkan sebelum reaksi polimerisasi dimulai.

Semua kriteria ini berkontribusi pada kemampuan monomer untuk mengalami polimerisasi adisi dan membentuk rantai polimer panjang.

Bagikan:

Tinggalkan komentar