Sebutkan Fungsi Gelas Beaker dan Labu Erlenmeyer

Meidi Y

Pertanyaan: Sebutkan Fungsi Gelas Beaker dan Labu Erlenmeyer?

Jawaban:

Gelas beaker dan labu Erlenmeyer adalah dua jenis peralatan laboratorium yang memiliki fungsi berbeda dalam eksperimen kimia dan biologi. Berikut adalah fungsi masing-masing:

  1. Gelas Beaker:
    • Mengukur Volume: Gelas beaker digunakan untuk mengukur volume cairan secara kasar. Meskipun tidak presisi seperti buret atau pipet, gelas beaker berguna untuk mengambil volume cairan dalam jumlah yang lebih besar.
    • Mencampur Cairan: Beaker dapat digunakan untuk mencampur, mengaduk, atau mendispersikan cairan kimia dengan aman.
    • Menyimpan Cairan: Gelas beaker juga bisa digunakan untuk menyimpan cairan dalam jangka waktu singkat jika perlu.
  2. Labu Erlenmeyer:
    • Pengadukan: Labu Erlenmeyer sering digunakan untuk mengaduk larutan kimia. Bentuk kerucutnya memungkinkan pengadukan yang efisien.
    • Pembakaran: Labu Erlenmeyer dapat digunakan dalam reaksi kimia yang melibatkan pemanasan. Bentuknya yang cembung memungkinkan pengurangan risiko tumpahnya cairan saat reaksi berlangsung.
    • Pengukuran Volume Kasar: Seperti gelas beaker, labu Erlenmeyer juga dapat digunakan untuk mengukur volume kasar, meskipun biasanya tidak sepresisi gelas ukur atau buret.

Kesimpulannya, gelas beaker umumnya digunakan untuk mengukur volume cairan kasar dan mencampur cairan, sementara labu Erlenmeyer lebih cocok untuk pengadukan, pemanasan, dan reaksi kimia yang memerlukan perlindungan dari tumpahan cairan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar