Perbedaan Laboran dan Teknisi Laboratorium?

Meidi Y

Pertanyaan: Perbedaan Laboran dan Teknisi Laboratorium?

Jawaban:

Perbedaan antara laboran dan teknisi laboratorium terletak pada peran, tanggung jawab, pendidikan, dan keterampilan yang mereka miliki. Berikut adalah tabel perbedaan antara keduanya:

PerbedaanLaboranTeknisi Laboratorum
Peran UtamaMelakukan tugas-tugas rutin di laboratorium, seperti persiapan alat, peralatan, dan bahan yang dibutuhkan. Biasanya bekerja di bawah pengawasan teknisi atau ilmuwan.Melakukan eksperimen, pengujian, pemeliharaan peralatan, pengumpulan data, dan mungkin merancang prosedur eksperimen. Berkolaborasi dengan ilmuwan atau peneliti.
Pendidikan dan PelatihanPendidikan menengah atau pelatihan khusus, seringkali tidak memerlukan gelar sarjana.Gelar sarjana atau diploma dalam ilmu pengetahuan atau teknik terkait dengan bidang laboratorium tertentu. Mungkin memerlukan pelatihan tambahan atau sertifikasi.
Tanggung JawabMem persiapkan bahan kimia, mengoperasikan alat-alat sederhana, menjaga kebersihan laboratorium, dan membantu teknisi atau ilmuwan.Merancang eksperimen, mengelola peralatan laboratorium yang kompleks, mengumpulkan data, melakukan analisis, dan memastikan keselamatan serta kepatuhan dengan standar laboratorium yang berlaku.
KeterampilanKeterampilan dasar dalam menangani bahan kimia dan alat-alat laboratorium sederhana. Keterampilan organisasi dan kepatuhan terhadap prosedur.Keterampilan mendalam dalam pemahaman ilmu pengetahuan dan teknik yang berkaitan dengan bidang laboratorium mereka. Keterampilan analitis yang lebih canggih dan pemahaman yang lebih dalam tentang peralatan laboratorium yang kompleks.

Bagikan:

Tinggalkan komentar