Sebutkan Mekanisme Reaksi Adisi?

Meidi Y

Pertanyaan: Sebutkan mekanisme reaksi adisi?

Jawaban:

Mekanisme reaksi adisi adalah suatu proses kimia di mana dua atau lebih zat kimia bergabung untuk membentuk senyawa baru.

Terdapat beberapa jenis mekanisme reaksi adisi yang umum terjadi, seperti adisi elektrofilik dan adisi nukleofilik. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kedua jenis mekanisme tersebut:

  1. Adisi Elektrofilik: Dalam reaksi adisi elektrofilik, suatu senyawa elektrofil (zat yang suka menerima pasangan elektron) bereaksi dengan senyawa nukleofil (zat yang suka menyumbangkan pasangan elektron). Mekanisme ini terjadi pada senyawa dengan ikatan rangkap seperti alkena atau alkuna. Contoh reaksi adisi elektrofilik adalah reaksi hidrogenasi alkena, di mana ikatan rangkap pada alkena dipecah dan atom hidrogen ditambahkan pada setiap atom karbon yang terlibat.
  2. Adisi Nukleofilik: Reaksi adisi nukleofilik terjadi ketika suatu nukleofil (zat yang suka menyumbangkan pasangan elektron) bereaksi dengan senyawa elektrofil (zat yang suka menerima pasangan elektron). Ini adalah mekanisme umum dalam reaksi organik, terutama pada senyawa yang memiliki ikatan rangkap seperti karbonil (C=O) dalam aldehida atau keton. Contoh reaksi adisi nukleofilik adalah reaksi adisi nukleofilik pada karbonil, di mana nukleofil menambahkan dirinya ke atom karbon dalam ikatan rangkap karbonil.

Kedua mekanisme ini mewakili bagaimana atom atau gugus fungsi baru dapat ditambahkan ke dalam molekul, menghasilkan senyawa baru dengan sifat dan struktur yang berbeda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar