Apa Perbedaan Peralatan Dasar Laboratorium dengan Instrumen Laboratorium?

Meidi Y

Pertanyaan: Apa Perbedaan Peralatan Dasar Laboratorium dengan Instrumen Laboratorium?

Jawaban:

Peralatan dasar laboratorium dan instrumen laboratorium adalah dua peralatan yang digunakan dalam berbagai jenis penelitian dan eksperimen di laboratorium. Berikut perbedaan antara keduanya:

1. Fungsi dan Penggunaan

Peralatan dasar laboratorium adalah alat-alat yang umumnya digunakan untuk tugas-tugas umum seperti mengukur volume, mengaduk, menyaring, atau mengukur suhu. Contoh peralatan dasar laboratorium termasuk gelas ukur, buret, erlenmeyer, corong, pipet, dan lain sebagainya. Fungsi utama peralatan ini adalah untuk membantu dalam preparasi sampel.

Sedangkan instrumen laboratorium adalah peralatan yang lebih canggih dan khusus yang digunakan untuk mengukur, menganalisis, atau mengidentifikasi sifat-sifat tertentu dari sampel. Contoh instrumen laboratorium meliputi spektrofotometer, kromatografi gas, mikroskop elektron, dan lain sebagainya. Fungsi utama instrumen ini adalah untuk melakukan pengukuran atau analisis yang lebih tepat dan terkontrol.

2. Kompleksitas

Peralatan dasar cenderung lebih sederhana dalam desain dan penggunaannya. Peralatan ini umumnya digunakan untuk tugas-tugas yang lebih umum dan tidak memerlukan pengaturan atau kalibrasi yang rumit.

Sedangkan instrumen laboratorium cenderung lebih kompleks dalam desain dan penggunaannya. Instrumen ini sering memerlukan kalibrasi yang teliti, pengaturan yang hati-hati, dan keahlian khusus dalam pengoperasiannya.

3. Harga

Peralatan dasar cenderung lebih terjangkau secara ekonomis dibandingkan instrumen laboratorium yang sering kali mahal. Peralatan ini biasanya tersedia dalam berbagai ukuran dan merek yang berbeda.

Sedangkan instrumen cenderung lebih mahal karena memiliki teknologi yang lebih canggih dan sering kali digunakan untuk analisis yang spesifik dengan presisi yang tinggi.

4. Aplikasi

Peralatan dasar sering digunakan dalam berbagai disiplin ilmu dan eksperimen umum. Peralatan ini cocok untuk tugas-tugas seperti persiapan sampel, pencampuran, dan pengukuran sederhana.

Sedangkan instrumen laboratorium sering digunakan dalam disiplin ilmu tertentu seperti kimia analitik, biologi molekuler, fisika, dan lain sebagainya. Instrumen ini sering digunakan untuk analisis yang lebih mendalam dan khusus dalam konteks penelitian ilmiah.

Bagikan:

Tinggalkan komentar