Apa Perbedaan Penyaringan Menggunakan Corong Gelas Biasa dengan Corong Buchner?

Meidi Y

Pertanyaan: Apa Perbedaan Penyaringan Menggunakan Corong Gelas Biasa dengan Corong Buchner?

Jawaban:

Penyaringan menggunakan corong gelas biasa dan corong büchner adalah dua metode yang berbeda untuk memisahkan padatan dari cairan dalam proses laboratorium. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:

1. Prinsip Kerja

Corong gelas biasa adalah corong berbentuk kerucut yang memiliki leher panjang dan tumpul. Pada metode ini, Anda menempatkan media penyaringan (kertas saring atau kain saring) di dalam corong dan menuangkan campuran padatan-cairan ke dalamnya. Cairan akan menembus saringan, sementara padatan tetap di atas saringan.

Sedangkan corong büchner adalah corong berbentuk kerucut yang terbuat dari kaca atau bahan kimia tahan panas lainnya. Ini digunakan dalam penyaringan vakum. Sebuah silinder gelas berlubang disebut corong Büchner yang ditempatkan di bawahnya. Sebuah pompa vakum digunakan untuk menciptakan tekanan negatif di bawah corong büchner, yang menyebabkan cairan melewati saringan dan padatan tetap di atas saringan.

2. Aplikasi Penggunaannya

Corong gelas biasa digunakan untuk penyaringan gravitasi sederhana, di mana gravitasi adalah kekuatan yang mendorong cairan melewati saringan. Ini biasanya digunakan untuk memisahkan padatan kasar dari cairan.

Sedangkan corong büchner digunakan untuk penyaringan vakum di mana tekanan negatif menciptakan aliran cairan yang lebih cepat melalui saringan. Metode ini biasanya digunakan untuk memisahkan padatan halus atau endapan yang sulit dipisahkan dengan penyaringan gravitasi.

3. Kecepatan Penyaringan:

Penyaringan dengan corong gelas biasa lebih lambat karena mengandalkan gravitasi untuk memindahkan cairan melalui saringan.

Sedangkan penyaringan dengan corong büchner lebih cepat karena menggunakan vakum untuk menghisap cairan melalui saringan.

4. Kondisi Eksternal

Corong Gelas Biasa tidak memerlukan peralatan tambahan seperti pompa vakum, sehingga lebih mudah digunakan dalam situasi di mana akses ke peralatan vakum terbatas.

Sedangkan corong büchner memerlukan pompa vakum, sehingga tidak praktis jika tidak ada akses ke peralatan vakum.

Kesimpulan

Pemilihan antara corong gelas biasa dan corong Büchner tergantung pada kebutuhan dalam proses analisa di laboratorium. Jika kalian memerlukan penyaringan cepat dan efisien, terutama untuk padatan halus, maka corong Büchner dengan vakum adalah pilihan yang lebih baik. Namun, jika kalian melakukan penyaringan sederhana dengan padatan kasar, corong gelas biasa mungkin sudah cukup efektif.

Bagikan:

Tinggalkan komentar